Monday, September 5, 2016

ayam kedu

sesuai dengan namanya, ayam kedu banyak dijumpai di daerah kedu, lebih tepatnya di desa kedu, kecamatan kedu, kabupaten temanggung jawa tengah. ayam kedu juga banyak dijumpai di desa kaliuto kecamatan grabag kabupaten magelang jawa tengah. kedua tempat ini dulunya masih termasuk dalam satu karesidenan yaitu karesidenan kedu.
ayam kedu merupakan hasil persilangan dari ayam dorking yang dibawa raffles dengan ayam buras yang ada di daerah dieng jawa tengah. setelah melalui proses seleksi oleh masyarakat setempat, muncullah nama ayam kedu. namun ada juga yang mengatakan bahwa ayam kedu ayam asli pulau jawa yang kemudian di ekspor ke amerika pada tahun 1935 M hingga akhirnya dikenal dengan nama black java breed ( ayam hitam asal jawa).
gambar: ayam kedu
berdasarkan warna bulunya, ayam kedu dapat digolongkan menjadi tiga macam, yaitu:
  1. ayam kedu hitam
  2. ayam kedu putih
  3. ayam kedu campuran (blurik : jawa red )
 
 
http://ho.lazada.co.id/SHI02i

 
dari ketiga jenis ayam kedu tersebut, yang paling banyak disukai orang adalah ayam kedu hitam. 
ayam kedu hitam betina warna bulunya hitam mulus. namun setelah dewasa bulu bagian kepala dan leher ada yang berubah. setelah berumur setahun, bulu di kepalanya berwarna kemerah-merahan dan pada umur 2 tahun kepalanya menjadi merah semua. bulu pada bagian leher ada yang berwarna keperakan atau keemasan. sedangkan jengger dan dan pialnya masih tetap berwarna hitam, berbeda dengan ayam jantannya yang mulai berubah menjadi merah.

baca juga: inseminasi buatan atau kawin suntik
diantara ayam kedu hitam, ada yang disebut ayam kedu cemani atau ayam cemani. ayam cemani seluruh bagian tubuhnya berwarna hitam, bahkan cemani paling bagus memiliki darah warna hitam. 
ayam kedu petelur yang baik biasanya memiliki ciri-ciri fisik sebagai berikut:
  1. jenggernya bergerigi 6-9 buah dan jika besar biasanya letaknya terkulai kesamping. sementara bentuk kepalanya panjang dan rata.
  2. panjang lehernya sedang, berbulu banyak dan tebal
  3. dadanya tidak lebar, punggungnya rata atau agak miring kearah ekor, sayapnya tertutup kuat, letak sayapnya rata, serta memiliki perut yang besar, lebar dan dalam.
  4. pada usia dewasa, beratnya mencapai 1,4-1,6 kg. mulai bertelur pada usia sekitar 134 hari.

No comments:

Post a Comment