Saturday, August 27, 2016

kelebihan ayam kampung

selama ini ayam kampung lebih dikenal sebagai penghasil daging yang lezat. sementara telurnya kebanyakan dikonsumsi hanya sebatas hasil sampingan saja. lain halnya dengan ayam ras yang sudah lama dikenal sebagai ayam pedaging dikenal sebagai ayam pedaging (broiler) dan ayam petelur (layer). ayam kampung sebagai ayam petelur baru dikenal belakangan ini dan saat ini sudah mulai dikembangkan seperti lazimnya ayam ras. hal itu karena kebutuhan telur ayam kampung yang terus meningkat.
bila dibandingkan dengan ayam ras, ayam kampung umumnya mempunyai ketahanan tubuh yang lebih kuat terhadap penyakit. dengan demikian, penggunaan obat-obat kimia untuk ayam kampung juga relatif lebih sedikit. hal ini yang menyebabkan banyak orang yang menganggap ayam kampung lebih alami dibandingkan telur ayam ras. telur ayam kampungpun mempunyai banyak kelebihan dibandingkan telur ayam ras, yakni memiliki rasa yang lebih gurih dan dibandingkan kadar keamisannya lebih rendah dibandingkan telur ayam ras. oleh karena itu, telur ayam kampung tidak hanya dikonsumsi matang, tetapi sering juga dikonsumsi segar atau mentah sebagai campuran madu, susu atau jamu dengan dalih untuk menambah vitalitas atau kebugaran tubuh. selain itu, telur ayam kampung juga banyak digunakan dalam industri obat dan kosmetik.
baca juga: kandungan gizi ayam telur ayam kampung
selain kelebihan-kelebihan tersebut, ayam kampung juga memiliki beberapa kelemahan, antara lain sulitnya memperoleh bibit yang baik dan produksi telurnya yang lebih rendah dibandingkan ayam ras. namun tidak semua ayam kampung berproduksi lebih rendah dibandingkan ayam ras. ayam kampung jenis kedu dan nunukan misalnya, mampu memproduksi telur setara dengan produksi telur ayam ras.
gambar: ayam kedu 
ayam kedu adalah ras ayam lokal yang dikembangkan di wilayah kedu temanggung magelang
rendahnya produksi telur ayam kampung umumnya lebih disebabkan oleh sistem budi daya yang kurang intensif (tradisional). sampai saat ini peternak masih banyak yang menerapkan sistem budidaya pedaging, untuk petelur sehingga produksinya lebih rendah dari ayam ras petelur. padahal dengan sistem yang lebih intensif, produktivitas ayam kampung bisa ditingkatkan hingga 50%. nilai tersebut memang masih lebih rendah dari ayam ras, tetapi masih dianggap lebih menguntungkan karena harga jual telur ayam kampung lebih mahal dari ayam ras petelur.

http://ho.lazada.co.id/SHHz7M
 

No comments:

Post a Comment