Saturday, September 10, 2016

kandang bibit DOC sampai umur 3 bulan

pemeliharaan bibit ayam kampung petelur sejak doc sampai umur 3 bulan dilakukan pada kandang-kandang postal. untuk menghasilkan bibit ayam petelur sebanyak 100 ekor diperlukan sekitar 12 unit kandang postal yang letaknya berdempetan. setiap satu unit kandang postal memerlukan luas lahar sekital 1 meter sehingga untuk 12 unit kandang postal setidaknya diperlukan lahan seluas 12 meter.

kedua belas kandang tersebut tidak diperlukan pada saat bersamaan, melainkan bertahap. pada awal penetasan hanya diperlukan satu kandang postal. kemudian seiring dengan pertumbuhan anak ayam diperlukan ruangan yang lebih besar lagi. untuk memenuhi kebutuhan ini, anak ayam kemudian disebar dalam beberapa kandang postal.
kandang postal dapat dibuat dari bahan bambu atau kayu. dapat pula dikombinasikan dengan bahan ram kawat, perlu dipilih yang berlubang kecil sehingga anak ayam tidak mudah lolos atau terperosok.
kandang doc bambu

kandang postal dibuat berbentuk kotak dengan ukuran panjang 1 m, lebar 1 m, dan tinggi 60-70 cm, tiangnya terbuat dari kayu atau bambu yang kuat dengan tinggi 1 m. bagian bawah atau alas terbuat dari bilah bambu dengan lebar sekitar 2-3 cm, disusun dengan renggang jarak sekitar 1-2 cm.
dinding terbuat dari bilah bambu atau kombinasi anyaman. kerenggangan antar bilah bambu tergantung ukuran anak ayam yang dipelihara didalamnya, yang terpenting adalah pertukaran udara tetap terpelihara dan anak ayam tidak mudah lolos atau terperosok diantara bilah bambu.
baby chicken coop

apabila kandang diletakkan diluar ruangan, kandang harus dilengkapi dengan atap agar air hujan tidak masuk kedalamnya. tempat pakan dan minumnya juga diletakkan didalam kandang. bentuknya sam dengan tempat pakan atau minum di kandang ren, namun untuk kandang postal dianjurkan menggunakan tempat minum yang sudah jadi agar kebutuhan airnya dapat terkontrol dengan baik.
untuk menjaga kekebalan tubuh daya imunusupresi baby chicken, pemberian air minum dapat ditambahkan suplement probiotoic.

baca juga: kandang induk penghasil telur tetas 

http://ho.lazada.co.id/SHI02i


kandang indukan doc dapat juga dibentuk kotak tak berkaki. dinding kandangnya terbuat dari papan kayu kecuali bagian depan dan atasnya terbuat dari kawat. lantainya terbuat dari papanyang rapat sehingga kotoran ayam tidak jatuh kebawah. olehkarena itu dilapisi dengan serbuk gergaji. namun lebih efetif lagi jika bagian alas dibuar dengan ram kawat ukuran lubang kecil agar kotoran langsung turun kebawah namun sudah dipasang laci tempat kotoran sehingga doc ayam selalu bersih yang demikian akan menambah kesehatan doc ayam terjaga. jenis kandang ini sangat baik untuk pemeliharaan doc sampai berumur 1 bulan karena tidak dilengkapi dengan atap kandang ini harus diletakkan dalam ruangan beratap serta kandang tersebut dipasang lampu bohlam agar hangat karena kehangatan sangat dibutuhkan oleh doc ayam agar tidak mudah mati serta membuat cepat besar dan tumbuh bulu. akan lebih baik lagi jika ada thermostatnya.


info produk menarik

woodworking plans


No comments:

Post a Comment