Tuesday, October 4, 2016

usaha penggemukan domba

usaha penggenukan domba memiliki pasar yang luas 
usaha penggemukan memang sering menjadi pilihan utama para peternak domba dibandingkan usaha pembibitannya. pasalnya, periode pemeliharaannya tergolong singkat. selain itu pangsa pasar yang bisa menyerap domba hasil pengemukan sangat luas, diantaranya rumah potong, rumah makan, jasa layanan aqiqoh, dan untuk kebutuhan hewan qurban.

a). pemeliharan lebih mudah 
teknik pemeliharaan domba bisa dibilang relatif sangat mudah. peternak hanya perlu merawat domba dengan baik seperti memebrikannya pakan dan minum yang cukup untuk meningkatkan bobot tubuh, dan menjaga kesehatannya dengan rajin memandikannya hingga tiba waktu domba akan dijual. bahkan pakan yang diberikan kepada domba penggemukan relatif simpel, cukup diberikan pakan konsentrat.
usaha menggemukkan domba: pemeliharaannya mudah dan tidak memerlukan waktu lama untuk siap dijual






b). kebutuhan daging domba terus meningkat 
domba merupakan salah satu hewan yang digunakan sebagai hewan qurban pada hari raya idul adha setiap tahunnya. permintaan rutin setiap tahun mencapai ratusan ribu ekor. permintaannya pun cenderung meningkat dari tahun ke tahun. belum lagi jumlah rumah makan atau restoran dengan menu utama daging domba terus bertambah. terlebih muncul tren terbaru rumah makan penyedia domba umur dibawah lima bulan sehingga menambah segmen penyerap domba. karena itu harga domba terus meningkat setiap tahunnya

c). perputaran modal cepat
usaha penggemukan domba sangat berpotensi memberikan keuntungan besar bagi peternak. modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha penggemukan domba tidak terlalu besar. terlebih lagi perputaran usahanya hanya berkisar empat bulan. coba bandingkan dengan usaha pembibitan yang membutuhkan waktu sembilan bulan untuk memberikan hasil. karena itu segmen usaha ini sangat disarankan bagi peternak pemula.

No comments:

Post a Comment